Kamis, 16 April 2020

MATERI AJAR


Hari / Tanggal : Jum’at, 17 April 2020
Kelas/ Semester : 1/2
Tema : Peristiwa Alam (8)
Subtema : Kemarau (2)


Assalamualaikum. 

Apa kabar anak sholeh dan sholeha ibu guru?
Jumpa lagi dengan home learning hari ini yaa, hari jumat. 

Seperti biasa sebelum kita mulai pelajaran hari ini, kita simak tausiyah dari Umi Ai dulu yuk... 

Nah kalau sudah kalian simak tausiyahnya, jangan lupa Murojaah dulu ya.... Setelah Murojaah, lanjutkan dengan shalat dhuha. Baru lah kalian mulai belajar. 

Membuat Kalimat Ajakan (Bahasa Indonesia)
Matahari bersinar terang pada musim kemarau. Musim kemarau berlangsung lama. Saluran air tidak dapat mengairi sawah, saluran air mampet oleh sampah. Akibatnya sawah menjadi kekeringan. Akhirnya seluruh warga membuat kincir air untuk memompa air dari sungai.
Menurut kalian bagaimana kalimat ajakan yang tepat untuk mengajak warga membuat kincir air aga sawah tidak kekeringan lagi?

Buatlah kalimat ajakan dari sebuah kata. Menyebut katanya, lalu menggunakannya dalam sebuah kalimat.
Contoh:
Kincir air : Ayo, kita membuat kincir air untuk memompa air dari sungai.
Sampah : mari buang sampah pada tempatnya.


Sekarang amati gambar di bawah ini!

Buatlah kalimat ajakan yang sesuai gambar di atas!
Ada 3 anak sedang menari, berarti kita buat kalimat ajakan dengan kata menari



Bisakah kamu membuat kalimat ajakan yang lain sesuai gambar di atas?

Menimbang Benda dengan Satuan Tidak Baku (Matematika)





Udin dan teman-teman beristirahat di halaman sekolah, mereka duduk di bawah pohon dan menikmati cuaca yang cerah pada musim kemarau. Udin menunjukkan alat ukur tidak baku yang dibuatnya, ia membuat alat ukur tersebut dari gantungan baju dan kantong plastik. Udin mengajak teman-teman untuk bermain menimbang bersama.


Aturan Menghemat Penggunaan Air di Sekolah (PPKn)Waktu istirahat telah selesai. Edo dan teman-teman kembali ke kelas. Cuaca di luar semakin panas. Pada musim kemarau hujan tidak turun. Persediaan air bersih semakin berkurang.
Edo dan teman-teman sedang berdiskusi. Mereka berdiskusi tentang penggunaan air bersih
di sekolah. Apa yang bisa kita lakukan di sekolah? Bagaimana menjaga penggunaan air bersih?



Edo dan teman-teman bertugas piket di sekolah. Mereka mengawasi penggunaan air bersih.
Siti dan Lani piket di tempat cuci tangan. Edo dan Beni piket di kamar mandi. Dayu dan Udin bergantian menyiram tanaman.



EVALUASI 

Kerjakan soal berikut! 



0 komentar:

Posting Komentar