MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Hari/Tanggal : Selasa, 12 Januari 2021
Assalamualaikum...
Selamaaaatt pagiii....
Semangaaaatt pagii yaaa anak sholeh dan sholeha...
Awali hari ini dengan senyuman, sarapan Yg ini bergizi, shalat dhuha dan Murojaah.
Selamat belajar....
Setiap orang memiliki cita-cita untuk menjadi apa kelak di kemudian hari. Setiap anak pasti
memiliki cita-cita yang baik, dan semua cita-cita adalah hebat. Apa pun cita-citamu, pasti kamu berharap menjadi orang yang hebatdan bermanfaat bagi lingkunganmu.
Ayo Mengamati
Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus
Seorang wanita muda terpanggil untuk menjadi seorang guru. Bukan sembarang guru, melainkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Semuanya berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia
yang sesuai.
Sangita Lachman, nama wanita muda itu. Ia adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah. Pada awalnya, ia mengajar anak-anak prasekolah untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, lama kelamaan, ia mencintai kegiatannya itu. Baginya, mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka kelak.
Pada saat mengajar anak-anak prasekolah, ia menemui beberapa siswanya yang berkebutuhan khusus, seperti anak yang menderita autis atau kesulitan belajar lainnya. Anak-anak ini memerlukan cara pengajaran dan bimbingan khusus yang berbeda dengan anak yang tidak berkebutuhan khusus. Ia melihat saat itu tidak banyak sekolah yang tahu bagaimana mengajar anak-anak tersebut.
Sangita kemudian memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk memahami anak-anak tersebut. Dengan demikian ia dapat menjadi guru yang baik bagi anak-anak tersebut.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah Sangita Lachman?
Sangita Lachman adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah
2. Mengapa ia ingin menjadi guru?
Sanggita Lachman menjadi guru berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya pendidikan yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus
3. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?
Sikap yang ditunjukkan oleh Sangita adalah keperdulianya terhadap anak-anak prasekolah dan anak-anak berkebutuhan khusus
4. Menurutmu, sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?
Sikap yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik antara lain sikap kepedulian terhadap kebutuhan ana-anak, kasih sayang tanpa membedakan anak satu dengan yang lainnya, dan sikap tanggung jawab terhadap masa depan anak
Setiap orang memiliki cita-cita yang baik. Tidak ada cita-cita yang tidak hebat. Oleh karenanya, teruslah berusaha meraih cita-citamu! Adakah di antaramu yang ingin menjadi dokter?
Bacalah puisi berikut ini di dalam hati. Perhatikanlah bagian-bagian di dalam puisi dengan seksama!
Cita-Citaku
Karya: M. Ridwan Hafidz
Cita-citaku ingin menjadi dokter
Agar dapat menyembuhkan orang yang sakit
Cita-citaku ingin menjadi dokter
Agar anak-anak menjadi sehat
Aku harus belajar dengan sungguh-sungguh
Agar dapat menggapai citaku itu
Aku harus belajar dengan sungguh-sungguh
Agar menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa
Berdasarkan puisi tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi tersebut?
Puisi di atas berjudul cita-citaku
2. Siapakah yang membuat puisi tersebut?
Puisi di atas dibuat oleh M. Ridwan Hafidz
3. Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
Puisi di atas berisi tentang cita-cita menjadi seorang dokter
4. Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?
Pada pembelajaran sebelumnya puisi memiliki bait dan rima, sedangkan pada puisi di atas tidak memiliki bait dan rima.
5. Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi tersebut!
Ayo Mencoba
Carilah satu atau dua buah puisi anak dari koran, majalah, atau bukubuku. Salinlah puisi tersebut di dalam buku tulismu. Baca dan amati bentuk dan isi puisi pilihanmu. Lalu jawablah pertanyaan di atas di dalam buku tulismu! Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan tentang puisi? Tuliskanlah kesimpulanmu di dalam buku tulismu!
Puisi 1 | Puisi 2 |
---|
Haus Pulang sekolah aku berlari Kutahan rasa dahaga Di rumah ibu telah menantikedatanganku Kulihat segelas air putih Tersedia di atas meja Dengan cepat gelas kuraih lalu kuminum ah lega rasanya (Karya Dadan Muldan) | Boneka Panda Boneka panda yang cantik Engkau selalu diam dan tak berisik Duduk di kasur kamar tidurku Melihatku dengan senyum tersipu Badanmu begitu besar sering kujadikan bantal Atau tempat punggungku duduk bersandar (Karya : Wawan Budiman) |
1. Apakah judul puisi tersebut?
Puisi di atas berjudul haus dan boneka panda
2. Siapakah yang membuat puisi tersebut?
Puisi di atas dibuat oleh Dadan Muldan dan Wawan Budiman
3. Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
Puisi 1 bercerita tengan rasa haus sepulang sekolah, sedangkan puisi 2 menceritakan tentang bonek panda yang ada dikamar.
4. Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?
Pada pembelajaran sebelumnya puisi memiliki bait dan rima, sedangkan pada puisi di atas tidak memiliki bait dan rima.
Ayo Mengamati
Profesi apakah yang ditunjukkan pada gambar di atas? Adakah di antara kamu yang ingin menjadi dokter hewan seperti pada gambar di atas? Untuk menjadi seorang dokter hewan, tentu kamu harus mengetahui segala hal tentang hewan, termasuk daur hidupnya. Mengapa?
Tahukah Kamu
Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Pada daur hidupnya ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis. Proses metamorfosis yang terjadi pada hewan terbagi menjadi dua yaitu metamorposis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap tahap hidupnya. Pada saat telur menetas bentuk tubuh hewan tidak sama dengan bentuk induknya. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, setelah menetas memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan induknya
Perhatikanlah beberapa daur hidup hewan-hewan berikut ini!
Daur Hidup Katak
Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan. Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor. Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa.
Daur Hidup Kecoa
Kecoa merupakan salah satu serangga yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah beberapa lama, telur kecoa akan berubah menjadi kecoa muda yang disebut nimfa. Bentuk nimfa mirip dengan kecoa dewasa, hanya warna kulitnya yang berbeda. Nimfa beberapa kali mengalami pergantian kulit sampai ia menjadi kecoa dewasa.
Daur Hidup Capung
Capung juga merupakan serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Sama dengan kecoa, ketika telur capung menetas ia menjadi capung muda yang disebut nimfa. Setelah kurang lebih mengalami pergantian kulit sebanyak sepuluh kali, capung berubah menjadi capung dewasa.
Daur Hidup Nyamuk
Nyamuk juga termasuk jenis serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur di permukaan air. Ketika telur menetas, ia berubah menjadi jentik-jentik atau tempayak. Tempayak ini akan hidup dan
mendapatkan makanannya dari air yang ia tinggali. Setelah cukup umur, tempayak ini berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu, pupa akan berubah menjadi nyamuk hingga nyamuk dewasa. Nyamuk muda dan dewasa tidak hidup di air. Ia akan kembali ke air ketika hendak bertelur
Ayo Berlatih
- Buatlah kelompok yang terdiri atas paling sedikit tiga orang.
- Setiap kelompok akan mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (berdasarkan pilihan yang terdapat pada tabel)
- Catatlah semua informasimu di dalam diagram berikut ini. Lakukan untuk kedua hewan yang telah kamu pilih.
- Presentasikan hasilnya di depan kelas, lalu tempelkan hasilnya di dinding kelas. Dengan demikian, kamu akan memiliki informasi tentang daur hidup berbagai jenis hewan!
Daur Hidup Hewan 1 |
---|
Aspek | Keterangan |
---|
Gambar hewan:
|
Nama hewan | Ayam |
Cara berkembang biak | Bertelur |
Gambar daur hidup
|
Penjelasan tentang daur hidup | Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Setelah telur dierami dan menetas menjadi anak ayam. Semakin lama anak ayam tumbuh semakin besar. Bulu-bulu halus berubah menjadi bulu-bulu seperti induknya. Aank ayam berubah menjadi ayam dewasa |
Jenis daur hidup | Tanpa metamorfosis |
Daur Hidup Hewan 2 |
---|
Aspek | Keterangan |
---|
Gambar hewan: |
Nama hewan | Katak |
Cara berkembang biak | Bertelur |
Gambar daur hidup
|
Penjelasan tentang daur hidup | Katak adalah hewan amfibi, hewan yang hidup di dua alam. Dalam siklus hidupnya, katak mengalami perubahan dari yang awalnya hanya bisa hidup di air kemudian hidup di dua tempat. Metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur, kecebong, katak muda yang kemudian menjadi katak dewasa. Secara umum urutan metamorfosis kata terdapat 4 fase, yaitu fase telur →fase berudu →fase katak muda→ katak dewasa |
Jenis daur hidup | Metamorfosis Sempurna |
Lengkapilah tabel berikut untuk mendapat kesamaan dan perbedaan antara kedua daur hidup hewan pilihanmu!Perbedaan daur hidup hewan I dengan hewan II | Kesamaan daur hidup hewan I dengan hewan II |
---|
Kambing dan Belalang |
---|
- Kambing tidak mengalami metamorfosis sementara belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
- Daur hidup kambing dimulai dari anak kambing sementara daur hidup belalang dimulai dari telur
| - Kambing dan belalang sama-sama hewan pemakan tumbuhan
- Kambing dan belalang sama-sama hidup di darat
|
Kucing dan Kecoa |
---|
- Kucing tidak mengalami metamorfosis sementara kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna
- Daur hidup kucing dimulai dari anak kucing sementara daur hidup kecoa dimulai dari telur
| - Kucing dan kecoa sama-sama hewan yang hidup di darat.
- Kucing dan kecoa sama-sama pemakan hewan lain
|
Ayam dan Katak |
---|
- Ayam tidak mengalami metamorfosis sedangkan katak mengalami metamorfosis sempurna.
- Ayam hidup di darat sementara katak hidup di dua alam (amfibi)
| - Daur hidup ayam dan katak sama-sama dimulai dari telur
- Ayam dan katak sama pemakan hewan lainnya.
|
Kadal dan Kupu |
---|
- Kadal tidak mengalami metamorfosis sementara kupu-kupu mengalami metamorfosis sempuran.
- Kadal merupakan hewan karnivora sementara kupu-kupu herbivora
| - Daur hidup kadal dan kupu-kupu sama-sama dimulai dari telur.
- Kadal dan kupu-kupu sama-sama hewan yang hidup di darat.
|
Anjing dan Nyamuk |
---|
- Anjing tidak mengalami metamorfosis sedangkan capung nyamuk mengalami metamorfosis sempurna.
- Daur hidup anjing dimulai dari anak anjing sementara daur nyamuk dimulai dari telur
| - Anjing dan nyamuk sama-sama hewan yang hidup di darat.
- Anjing dan nyamuk sama-sama hewan pemakan hewan lainnya.
|
Ular dan Capung |
---|
- Ular tidak mengalami metamorfosis sementara capung mengalami metamorfosis tidak sempurna
- Ular berkembangbiak dengan bertelur dan melahirkan sementara capung bertelur
| - Ular dan capung sama-sama hewan yang hidup di darat.
- Ular dan capung sama -sama bertelur.
|
Amatilah hasil pekerjaan kelompok lain di kelasmu. Kemudian lengkapilah tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatanmu!Hewan yang mengalami daur hidup dengan metamorfosis sempurna | Hewan yang mengalami daur hidup dengan metamorfosis tidak sempurna | Hewan yang mengalami daur hidup tanpa metamorfosis |
---|
Nyamuk, Kupu, Lalat, Lebah dan Katak | Belalang, Jangkrik, Kecoa, Capung, dan Tonggeret | Ayam, kucing, kambing, ular, dan kadal |
TUGAS
Gambarkan daur hidup hewan yang ada di sekitarmu, dilengkapi dengan nama hewan, cara berkembang biak, siklus daur hidup dan jenis daur hidup seperti pada contoh di atas.
Kerjakan di kertas HVS, buat sebagus mungkin, fotolah bersama karyamu, lalu kirimkan pada guru kelasmu.
0 komentar:
Posting Komentar