MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Selasa, 1 Maret 2022
Tema 7 : Benda,
Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1 : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1 dan 2
Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan
lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan
sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap
memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih
dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan
kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi
selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila
minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima
kasih setelah mendapatkan.
Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah.
Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap.
Topi termasuk bagian dari seragam yang harus
dikenakan.
Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi?
Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar?
Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama
teman-temanmu.
Perhatikan lirik lagu tersebut.
Apakah topimu juga berbentuk bundar?
Kemudian perhatikan tanda yang ada di bawah syair
lagu berikut ini.
Diskusikan bersama temanmu.
Apa saja benda yang memiliki kesamaan dengan topi?
Ayo Berlatih
Mari, belajar mengenali benda-benda di sekitar kita.
Amati gambar di bawah ini.
Apa saja benda hidup yang ada di sekitarmu?
Apa saja benda tak hidup yang ada di sekitarmu?
Coba kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan
cirinya.
Perhatikan gambar benda-benda berikut.
Dari benda-benda di atas, apakah
anak-anak mengetahui mana saja benda yang hidup dan benda ya mati?
Ya benar sekali anak-anak Ibu Guru..
Yang merupakan benda hidup adalah Edo,
Lani, Udin, Anak bebek.
Yang merupakan benda tak hidup adalah
Tiang
bendera, gedung sekolah, sepeda, boneka, mobil-mobilan dan garuda Pancasila.
Ayo Mengamati
Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik.
Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk
perbuatan yang terpuji.
Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda
Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas.
Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila
Pancasila.
Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada
pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila
ke-4 Pancasila.
Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.
Bacalah dengan
nyaring!
Udin dan Lani bermain bersama.
Udin membawa kucing peliharaannya.
Lani membawa boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin memberi makan kucingnya.
Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan di
taman.
Udin merawat kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.
Lani membersihkan bonekanya setiap hari.
Tugas
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan
belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih..
Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
0 komentar:
Posting Komentar